STUDI TENTANG MODEL PENDIDIKAN KARAKTER DI PESANTREN MODEREN DINNIYAH PUTERI ”PERGURUAN DINNIYAH PUTERI” PADANG PANJANG, SUMATERA BARAT

Siti Dloyana Kusumah

Abstract


Abstrak

Pesantren sebagai lembaga pendidikan yang menitikberatkan pada nilai-nilai keIslaman, sejak lama dikenal menjadi pusat pembinaan moral dan penjaga tradisi. Namun kini pesantren dihadapkan pada persoalan yang lebih kompleks seperti masuknya nilai-nilai asing sejalan dengan dinamika kebudayaan. Gagasan penelitian dimaksudkan untuk mengetahui model pembelajaran di Pesantren Dinniyah Puteri Padang Panjang dalam menyikapi persoalan multikultur dan perubahan nilai. Penelitian menggunakan teori eksplorasi, yakni menggali secara dalam berbagai cara dan model pembelajaran yang berlangsung di lingkungan pesantren dimaksud. Data dan informasi yang diperoleh melalui wawancara, observasi maupun studi pustaka menunjukkan bahwa kini pesantren tersebut tidak semata-mata menanamkan pendidikan moral dan etika keagamaan semata-mata, akan tetapi melakukan pembudayaan atau pengenalan pranata-pranata kebudayaan kepada santri sebagai upaya untuk membuka wawasan dan kesadaran akan pentingnya menguasai nilai-nilai budaya yang didukung oleh suku-suku bangsa sebagai landasan bagi pembangunan karakter. Keberhasilan Pesantren Dinniyah Puteri dalam mengembangkan pendidikan yang berbasis keagamaan (Islam), maupun pengenalan pranata kebudayaan, adalah cita-cita pendirinya Rahmah El Yunnusiyah yang ingin membuktikan bahwa perempuan itu punya peranan penting sebagai ibu pendidik, yang cakap dan adil, dan aktif serta bertanggungjawab dalam membangun ketahanan budaya masyarakatnya.

 

Abstract

As an educational institution that focuses on Islamic values, pesantren (Islamic boarding school)has long been known to be the center of moral guidance and keeper of tradition. But now pesantren faces more complex issues such as the in flux of foreign values in line with the dynamics of culture. The study intends to acquire knowledge about learning model applied in Pesantren Dinniyah Puteri Padang Panjang in facing multicultural issues and changing values. The study uses the exploration theory, by digging up various ways and models of learning applied in the Pesantren. Data and information obtained through interviews, observation and bibliographic study indicated that today the Pesantren does not merely teach moral and religiousethics, but also introduce its pupils to cultural institutions as an effort to give an insight and to make them aware of the importance of mastering cultural values as a foundation fo rcharacter building. The success of Pesantren Dinniyah Puteri in developing Islam-based education and in introducing cultural institutions, are the ideals of its founder, Rahmah El Yunusiyah, who wants to prove that women have important role as competent, fair, active and responsible educator mothers inbuilding cultural resilience of their community.


Keywords


pesantren, sumber daya manusia, dan pendidikan karakter, pesantren, human resources, character education.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR SUMBER

Buku Abd A’la. 2006. Pembaruan Pesantren. Sewon Bantul: Pustaka Pesantren. Edwar (managing editor). 1981. Riwayat Hidup dan Perjuangan 20 Ulama Besar Sumatera Barat. Sumatera Barat: Islamic Centre. Hasan, Fuad. 1986. Mendekatkan Anak Didik pada lingkungan, Bukan Mengasingkannya. Jurnal Prisma, Tahun XV. Mas’oed. H. Abidin. 2004. Implementasi Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah. Pusat Pengkajian Islam Minangkabau (PPMI). Raka, Gede et. al. 2011. Pendidikan Karakter Di Sekolah, dari gagasan ke tindakan. Jakarta: PT Elex Media Komputindo, Kompas Gramedia. Sedyawati, Edi.1993/1995. Kumpulan Makalah. Jakarta: Direktorat Jenderal Kebudayaan, Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan. Supardi, Nunus et. al. 2007. Peranan Pesantren Dalam Penanaman Apresiasi Seni. Jakarta: Pusat Penelitian Dan Pengembangan Kebudayaan, Departemen Kebudayaan Dan Pariwisata. Syihab, Usman. 2012. Makalah Pesantren Sebagai Basis Pendidikan Karakter Bangsa. Taufik, Abdullah. 1987. Islam dan Masyarakat: Pantulan Sejarah Indonesia. Jakarta: LP3ES. Tilaar, H. A. R. 2002. Pendidikan Kebudayaan Dan Masyarakat Madani Indonesia, Strategi Reformasi Pendidikan Nasional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Internet

http://id.wikipedia.org/wiki/Pesantren/13/7/2012. diakses Jam 09.20 WIB.




DOI: http://dx.doi.org/10.30959/patanjala.v5i1.154

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Patanjala Indexed by :

patanjala google schoolar 

ISSN: 2085-9937 (print)
ISSN: 2598-1242 (online)

 

Balai Pelestarian Nilai Budaya Jawa Barat

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 

 Image and video hosting by TinyPicCreative Commons License