POTENSI WISATA DI LAMPUNG DAN PENGEMBANGANNYA

Ani Rostiyati

Abstract


Abstrak

Lampung sebagai salah satu provinsi di Indonesia memiliki potensi alam dan budaya yang bisa dikembangkan sebagai objek wisata. Potensi tersebut antara lain alam yang indah dan hawa sejuk, dikelilingi oleh kehijauan bukit dan gunung yang banyak ditumbuhi aneka ragam bunga dan pohon. Aneka ragam budayanya juga terlihat unik dan menarik, demikian pula adat istiadatnya. Dengan kondisi demikian maka Lampung bisa dijadikan mata rantai tujuan wisata Masalahnya adalah potensi tersebut belum tergarap sepenuhnya, oleh sebab itu perlu kajian secara mendalam bagaimana potensi dan pengembangannya. Dari hasil identifikasi potensi wisata yang ada di Lampung, maka akan dikaji bagaimana strategi pengembangannya dengan melihat semua komponen produk wisata yakni meliputi atraksi, amenitas, akses, dan ancillary service. Komponen produk wisata kemudian dinilai dengan analisis SWOT (strenghts, weaknesses, opportunities, threats) untuk melihat strategi yang digunakan dalam pengembangan pariwisata. Analisis SWOT digunakan pada data yang tidak menggunakan angka (kualititatif) dan digunakan sebagai dasar dalam perumusan kebijakan. Dengan demikian yang menjadi ruang lingkup kajian ini adalah : mengungkapkan potensi budaya, termasuk juga potensi alam, religi, dan sejarah; melihat sarana dan prasarana yang mendukung kegiatan pariwisata; sikap dan perilaku masyarakat setempat dalam menyikapi masalah kepariwisataan.

Abstract
Lampung has great natural and cultural potencies that could be developed as objects of tourism: beautiful landscapes, moderate weather and various vegetations with mountains and hills surrounding it. Not to mention various unique customs and cultural heritage. Unfortunately, these potencies have not been fully developed yet for the benefit of its people. By using SWOT (strengths, weaknesses, opportunities, threats) analysis, theauthor reviewed all components of tourism, such as attractions, amenities, access, and ancillary services. The aim of this study is to reveal cultural, natural, religious, and historical potencies as well as facilities and infrastructure that would support tourism activities, attitude and behavior of the local community in dealing with problems in tourism.


Keywords


pengembangan, potensi wisata, Lampung, development, tourism potency, Lampung.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR SUMBER

Ahimsa, Heddy Shri. 1999. “Perencanaan Wisata Budaya” Modul bimbingan teknis perencanaan program kepariwi-sataan, diselenggarakan oleh pusat Penelitian dan Pengembangan Pariwisata UGM. Budi Santosoo. 1989. “Pariwisata dan Perkembangan Pengembangan Pariwisata”. Makalah: P2NB. Hadikusuma, Hilman. 1989. ”Masyarakat dan Adat Istiadat Lampung”. Bandung: Mandar Maju. Nyoman S. Pandit. 2001. ”Ilmu Pariwisata”. Sebuah Pengantar Perdana, Jakarta: PT Pradnya Paramita. ----------------------- 2003. “Pariwisata Sebuah Studi, Analisa dan Informasi”. Jakarta: Djambatan Rocek Waren. 2002. “The Tourist”. Antologi Kepariwisataan di Indonesia. Jakarta: Press. Seda, Frans. 2001. ” Pengembangan Pariwisata dan Lingkungan Hidup”, Makalah pada lokakarya Musyawarah Nasional VII PHRI, Sanur-Bali. Susanto, Astrid S. 1996. ”Pariwisata dan Perubahan Sosial Budaya”, dalam Majalah Teknis Pariwisata, Direktorat Jenderal Pariwisata, Jakarta, Vol 1 no 1.Sitorus, dkk. 1999. ” Peranan Kebudayaan Daerah Lampung dalam Mewujudkan Masyarakat Industri Daerah Lampung”. Kanwil Depdikbud Provinsi Lampung. Fachrudin. 1996. ” Falsafah Piil Pesenggiri Sebagai Norma Tatakrama Kehidupan Sosial Masyarakat Lampung”. Lampung: P3NB Lampung




DOI: http://dx.doi.org/10.30959/patanjala.v5i1.185

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Patanjala Indexed by :

patanjala google schoolar 

ISSN: 2085-9937 (print)
ISSN: 2598-1242 (online)

 

Balai Pelestarian Nilai Budaya Jawa Barat

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 

 Image and video hosting by TinyPicCreative Commons License