STRATEGI ADAPTASI MASYARAKAT TERDAMPAK PEMBANGUNAN WADUK JATIGEDE DI DUSUN CIPONDOH DESA PAWENANG KECAMATAN JATINUNGGAL KABUPATEN SUMEDANG

Risa Nopianti, Triesya Melinda, Junardi Harahap

Abstract


Pasca penggenangan Waduk Jatigede pada tahun 2015,  sejumlah permasalahan  muncul pada masyarakat terdampak, seperti kesulitan dalam beradaptasi di lingkungan baru, antisipasi pengetahuan yang minim,  perubahan kondisi, dan mata pencaharian yang terbatas. Keterbatasan  juga terjadi pada kondisi sanitasi di lingkungan tempat tinggal mereka. Adaptasi dilakukan untuk menyiasati keadaan alam dan lingkungan yang berimbas pada pemenuhan sarana sanitasi. Maka, penelitian ini dilakukan untuk melihat bagaimana kondisi lingkungan dan sanitasi masyarakat Dusun Cipondoh Desa Pawenang Kecamatan Jatinunggal sebagai akibat pemukiman kembali pembangunan Waduk Jatigede, dengan menggunakan metode etnografi dan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini menemukan bahwa pengelolaan lingkungan dan sanitasi warga Dusun Cipondoh merupakan bagian dari proses adaptasi mereka di lingkungan barunya. Proses adaptasi ini merupakan sebuah tindakan yang diawali oleh adanya pengetahuan mengenai keterbatasan yang dihadapi, kemudian disusunlah strategi untuk memunculkan tindakan yang nyata dalam menyikapi keterbatasan tersebut yang dioperasionalkan dengan pengelolaan lingkungan dan sanitasi warga terdampak. 

 

After the flooding of Jatigede dam in 2015, a number of problems arise in impacted communities in their daily activities, such as difficulties in adapting to a new environments, minimizing knowledge anticipation, changing conditions, and limited livelihoods. This limitation also occurs in sanitary conditions in their neighborhoods. Adaptation is done to deal with the natural and environmental conditions that impact on the fulfillment of sanitation facilities. So, this research is done to see how the environmental condition and sanitation of Cipondoh Village Pawenang Village Jatinunggal Subdistrict as a result of resettlement of Jatigede dam development by using ethnography approach to capture the point of view of indigenous people, their relationship with life, and to realize their vision and world. The results of this study is that environmental management and sanitation of Dusun Cipondoh residents is part of their adaptation process in their new environment. This adaptation process is an action initiated by the knowledge of the constraints faced, and then devised a strategy to bring tangible action in addressing the limitations that are operated with environmental management and sanitation of affected people.


Keywords


Strategy, adpatation, sanitation, and environment.

Full Text:

PDF

References


Jurnal, Makalah, Laporan Penelitian, Skripsi, dan Tesis

Amaliah, Siti. “Hubungan Sanitasi Lingkungan dan Faktor Budaya Dengan Kejadian Diare Pada Anak Balita di Desa Toriyo, Kecamatan Bendosari, Kabupaten Sukoharjo” Makalah dalam Prosiding Seminar Nasional Universitas Muhammadiyah, Semarang, 2010.

Bartolome, Leopoldo Jose., Chris de Wet, Harsh Mander, Bijay Kumar Nagraj. 2000. “Displacement, Resettlement,Rehabilitation, Reparation, and Development”. Makalah dalam WCD Thematic Review Social Issues I.3. Cape Town : World Commission on Dams (WCD).

Kasnodiharjo dan Musadad, Anwar “Perilaku Hidup Bersih dan Sehat yang Terkait dengan Hygien Perorangan, Gaya Hidup dan Kondisi Sanitasi Lingkungan di Kepulauan Seribu, DKI Jakarta” dalam Jurnal Ekologi Kesehatan Vol. 8 No.1. Maret 2009. Hlm. 886-894.

Kasnodihardjo dan Elsi, Elsa. “Deskripsi Sanitasi Lingkungan, Perilaku Ibu, dan Kesehatan Anak” dalam Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional Vol. 7 No. 9. April 2013. Hlm. 415-420

Keman, Soedjadji. “Kesehatan Perumahan dan Lingkungan Pemukiman” dalam Jurnal Kesehatan Lingkungan Vol. 2 No.1. Juli 2005. Hlm. 29-42

Mulyani, Tri. 2016

Kebijakan Pemerintah Terhadap Masyarakat yang Terkena Dampak Pembangunan Waduk Jatigede di Kabupaten Sumedang. Skripsi. Yogyakarta : FIS UNY.

Nureni, Lela. 2011.

Dampak Pembangunan Bendungan Jatigede terhadap Reorientasi Mata Pencaharian Masyarakat di Daerah Calon Genangan Bendungan Jatigede Kabupaten Sumedang. Skripsi. Bandung : FPIPS UPI.

Nurlela, Ela. 2012.

Dampak Pembangunan Waduk Jatigede Terhadap Masyarakat Calon Genangan (Studi Sosiologi Pembangunan Desa Leuwihideung, Sumedang). Bandung. Sripsi. FPIPS UIN Sunan Gunung Jati.

Puspitawati, Natalia. “Sanitasi Lingkungan yang Biak Mempengaruhi Status Gizi Buruk pada Balita” dalam Jurnal Stikes. Vol.6 No.1 Juli 2013.Hlm. 74-83.

Sajiada, Agsa., Santi, Devi Nuraini Santi., dan Naria, Evi. “Hubungan Personal Hygien dan Sanitasi Lingkungan dengan Keluhan Penyakit Kulit di Kelurahan Denai, Kecamatan Medan Denai, Kota Medan Tahun 2012” dalam Jurnal Usu. Vol.2 No.2. Maret 2013. Hlm. 1-8.

Setiawan, Irvan. “Mengenang Upacara Ngalokat Walungan Cimanuk di Wilayah Genangan Waduk Jatigede Kabupaten Sumedang” dalam Patanjala. Vol.8 No.1 Maret 2016. Hlm. 101-116.

Wiryawan. Bangkit A. “Social Impact of Jatigede Dam Construction”. Makalah dalam IAIA Symposium, Manila, 20-22 February 2017.

Yuliati, Rafael Djajakusli, Burhanudin Bahar. “Hubungan Sanitasi Lingkungan dan Hygien Perorangan dengan Kejadian Infestasi Kecacingan pada Murid SD di Kelurahan Pannampu, Kota Makasar” dalam Jurnal Media Kesehatan Masyarakat Indonesia. Vol.6 No.1 Januari 2010 Hal. 22-27.

Buku

Bennett, John W. 1976.

The Ecological Transition : Cultural Anthropology And Human Action. New York : Pergamaon Press Inc.

Notoatmodjo, Soekidjo. 2003.

Ilmu kesehatan masyarakat (prinsip-prinsip dasar). Jakarta: PT Rineka Cipta.

Saharuddin. 2007. Antropologi Ekologi dalam Adiwibowo, Soeryo (Ed). Ekologi Manusia. Bogor : Fakultas Ekologi Manusia IPB.

Semiawan, Conny R. 2010

Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta : Grasindo.

Surahman, dan Supardi, Sudibyo. 2016.

Ilmu Kesehatan Masyarakat PKM. Jakarta : Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Internet

Pitoko, Ridwan Aji. “Waduk Jatigede Beroperasi Penuh “ diakses dari http://properti.kompas.com/read/2017/04/07/220000521/waduk.jatigede.beroperasi.penuh. Tanggal 6 November 2017, Pukul 10.25 WIB

“Bedol Desa” diakses dari https://www.kamusbesar.com/bedol-desa . Tanggal 7 November 2017, Pukul 09.45 WIB.




DOI: http://dx.doi.org/10.30959/patanjala.v10i1.338

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Patanjala Indexed by :

patanjala google schoolar 

ISSN: 2085-9937 (print)
ISSN: 2598-1242 (online)

 

Balai Pelestarian Nilai Budaya Jawa Barat

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 

 Image and video hosting by TinyPicCreative Commons License