RUMAH JUNTI DI DESA JUNTIKEBON KECAMATAN JUNTINYUAT KABUPATEN INDRAMAYU

Ria Intani T.

Abstract


Abstrak

Desa Juntikebon Kecamatan Juntinyuat berada di Kabupaten Indramayu. Desa Juntikebon memiliki kekhasan dalam hal arsitektur rumah tinggal. Rumah tinggal penduduk asli Juntikebon berarsitektur tradisional. Bentuk rumahnya limasan dan srotongan dengan bahannya dari kayu dan bambu. Rumah limasan ditandai dengan bentuk atap berupa jajaran genjang, sedang rumah srotongan ditandai dengan bentuk atap segi tiga. Orang Junti (penggalan dari Juntikebon) rmenyebut rumah sejenis itu dengan rumah limasan dan srotongan. Orang di luar kecamatan  sering menyebutnya dengan rumah Junti. Rumah limasan/srotongan/Junti menggunakan bahan-bahan yang pada umumnya diambil dari kebun sendiri. Selebihnya adalah dibeli dari lingkungan sekitar. Pekerja intinya adalah tukang bangunan dan tukang anyam, selebihnya adalah bantuan tenaga dari para tetangga. Dengan kondisi tenaga kerja yang demikian, pada umumnya membangun rumah limasan/srotongan/Junti selesai dalam kisaran waktu tiga minggu. Rumah limasan/srotongan/Junti dibangun dengan beradaptasi pada alam dan iklim setempat. Segala makna yang melekat pada bangunan rumah, sejatinya menggambarkan keyakinan serta pengharapan di dalam menjalani kehidupan.    

 

Abstract

 

Desa/village Juntikebon, Kecamatan/district Juntinyuat (Kabupaten/regency Indramayu) has a distinctive architecture of traditional house, called limasan and srotongan. People outside the village call it rumah Junti (house of Junti). The uniqueness of this architecture is in its adaptive design to nature and weather, and every elements of the house depicts their faith and hopes in their life. Materials for building the limasan and srotongan are generally taken from their own gardens. Only some small amount are purchased from the surrounding area. The main workers are masons and artisan spesiallising in weaving bamboo wall, and the neighbours do the rest.


Keywords


arsitektur tradisional, rumah tinggal, adaptasi dengan alam, traditional architecture, houses, being adaptive to the nature.

Full Text:

PDF

References


Frick, Heinz. 1996. Arsitektur dan Lingkungan. Yogyakarta: Kanisius.

Herlinawati, Lina. 2010. Kajian Nilai Budaya pada Arsitektur Tradisional di Giri Jaya Padepokan Kab. Sukabumi Prov. Jawa Barat. BPSNT Bandung.

Kartiwa, Suwati dan Arifin, Zaenal, 2005. Fungsi dan Makna Kain Tradisional yang Dipengaruhi Budaya China. Makalah dalam Seminar Tekstil Tradisional yang Dipengaruhi oleh Budaya Cina. Jakarta: Direktorat Tradisi.

Purwanto, Semiarto Aji. 2009. Makna dan Fungsi Arsitektur Tradisional. Makalah dalam Kegiatan Bimbingan Teknis Inventarisasi Arsitektur Tradisional.

Purwestri, Nadia. 2009. Arsitektur Tradisional – Gambaran Umum. Pusat Dokumentasi Arsitektur. Makalah dalam Kegiatan Bimbingan Teknis Inventarisasi Arsitektur Tradisional.

_______. 2009. Abstraksi Tradisi Arsitektur Nusantara. Makalah dalam Kegiatan Bimbingan Teknis Inventarisasi Arsitektur Tradisional. Direktorat Tradisi Ditjen NBSF. Departemen Kebudayaan dan Pariwisata.

_______. 2009. Pedoman Pelaksanaan Inventarisasi Arsitektur Tradisional. Makalah dalam Kegiatan Bimbingan Teknis Inventarisasi Arsitektur Tradisional. Direktorat Tradisi Ditjen NBSF. Departemen Kebudayaan dan Pariwisata.

Purnama, Yuzar dkk. 2004. Budaya Tradisional pada Masyarakat Indramayu. Bandung: BKSNT.

Wiryo Hadinagoro, Daud. 2005. Aspek Politis pada Perkembangan tekstil Tradisional yang Dipengaruhi Budaya Cina. Makalah dalam Seminar Tekstil Tradisional yang Dipengaruhi oleh Budaya Cina. Jakarta: Direktorat Tradisi.




DOI: http://dx.doi.org/10.30959/patanjala.v4i1.124

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Patanjala Indexed by :

patanjala google schoolar 

ISSN: 2085-9937 (print)
ISSN: 2598-1242 (online)

 

Balai Pelestarian Nilai Budaya Jawa Barat

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 

 Image and video hosting by TinyPicCreative Commons License