POLA KAMPUNG DAN RUMAH KAMPUNG BUNISAKTI DESA WARGALUYU KECAMATAN ARJASARI KABUPATEN BANDUNG

Suwardi Alamsyah P.

Abstract


Abstrak

Pola kampung dan rumah dalam tulisan ini difokuskan pada pola kampung dan rumah tinggal Kampung Bunisakti Girang, yakni pola kampung, batas kampung, tata ruang kampung, dan ragam hias kampung; juga pola rumah tinggal, bentuk dan organisasi ruang, bagian-bagian rumah dan fungsinya, teknik dan cara pembuatan serta mendirikannya. Perkampungan dan rumah tinggal tersebut masih dapat disaksikan di Kampung Bunisakti Desa Wargaluyu Kecamatan Arjasari KabupatenBandung. Pola kampung dan rumah tinggal ini, sepintas tidak ada yang salah. Hanya sejak puluhan tahun silam, kampung ini berpenduduk tak lebih dari 13 kepala keluarga (KK). Padahal, tak ada hukum adat apa pun yang membatasi jumlah kepala keluarga (KK) di kampung itu, karena Kampung Bunisakti memang bukan kampung adat. Bentuk rumah warga layaknya kampung biasa. Tak ada pantangan apa pun dalam pembangunan rumah atau kehidupan sosial lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk menggali dan memahami peranan masyarakat dalam hubungannya dengan Pola Kampung dan Rumah Kampung Bunisakti Desa Wargaluyu. Metode penelitian ini didasarkan pendapat yang dikemukakan Winarno Surakhmad (1985:139), bahwa: suatu cara yang digunakan untuk menyelidiki dan memecahkan masalah yang tidak terbatas pada penggumpulan data, melainkan meliputi analisis dan interpretasi sampai pada kesimpulan yang didasarkan atas penelitian tersebut.

 

Abstract

Village pattern in this manuscript refers to the pattern of village and settlement in Kampung (village) Bunisakti Girang, including the pattern itself, village border, zoning and decorations as well. There is no custom law to manage the village and to determine the numbers of family that should inhabit the village but since tens of years ago the village has been inhabited by not more than 13 families. There are no taboos in building houses as well as in social life.


Keywords


pola, kampung, rumah tinggal, pattern, village, houses.

Full Text:

PDF

References


Adimihardja, Kusnaka. 1987. Kasepuhan yang Tumbuh di atas yang Luruh, Bandung. Penerbit: Tarsito.

-----------------. 2004. Pola kampung dan Arsitektur Rumah Warga Kasepuhan, Jawa Barat. Artikel dalam warisan budaya tradisional, Bandung.

Alamsyah P., Suwardi et al. 2007. Arsitektur Tradisional Bangunan Masyarakat Baduy Panamping, Jurnal Penelitian, ISSN 0854.7475. Edisi 38/September 2007, Departemen Kebudayaan dan Pariwisata, Bandung: Balai Pelestarian Sejarah dan Nilai Tradisional Bandung.

Ekadjati, Edi S.1980. Masyarakat dan Kebudayaan Sunda, Bandung. Pusat Ilmiah dan Pembangunan Regional – Jawa Barat.

Garna, Yudistira. 1984. Pola Kampung dan Desa, Bentuk serta Organisasi Rumah Masyarakat Sunda. Bandung. Pusat Ilmiah dan Pengembangan Regional (PIPR) Jawa Barat.

Nina Lubis, 2003. Sejarah Tatar Sunda, Edisi Pertama. Lembaga Pengabdian pada Masyarakat (LPM) UNPAD, Bandung.

Nuryanto dan Isep Machpudin, 2008. Artikel Hasil Penelitian: Kajian Pola Kampung dan Rumah Tinggal, Warga Kasepuhan Kesatuan Adat Banten Kidul di Sukabumi Selatan – Jawa Barat, Bandung, Universitas Pendidikan Indonesia.

Syarif Moeis, 2010. Konsep Ruang dalam Kehidupan Orang Kanekes, Bandung: Jurusan pendidikan Sejarah Fakultas Pendidikan Pengetahuan Soaial, Universitas Pendidikan Indonesia.

Suhamihardja, A. Suhandi dan Yugoar Sariyun. 1991. Kesenian Arsitektur Rumah dan Upacara Adat Kampung Naga Jawa Barat. Jakarta: Depdikbud. Ditjen Kebudayaan. Proyek Pembinaan Media Kebudayaan.

Surakhmad, Winarno. 1985. Penelitian Dasar Metode Penelitian. Bandung: Tarsito.




DOI: http://dx.doi.org/10.30959/patanjala.v4i2.141

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Patanjala Indexed by :

patanjala google schoolar 

ISSN: 2085-9937 (print)
ISSN: 2598-1242 (online)

 

Balai Pelestarian Nilai Budaya Jawa Barat

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 

 Image and video hosting by TinyPicCreative Commons License