IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENGEMBANGAN DAN PEMBERDAYAAN LEMBAGA SOSIAL MEDIA TRADISIONAL DI JAWA BARAT

Mulyono Yalia

Abstract


Abstrak

Fokus utama dalam penelitian ini adalah implementasi kebijakan pengembangan dan pemberdayaan lembaga sosial media tradisional di Jawa Barat. Substansi masalah diidentifikasi sebagai berikut: (1) Bagaimanakah implementasi kebijakan pemerintah dalam pemberdayaan media tradisional di Jawa Barat?; (2) Faktor-faktor apakah yang menjadi pendukung dan penghambat implementasi kebijakan pemerintah dalam pemberdayaan lembaga sosial media tradisional di Jawa Barat?; (3) Upaya-upaya apakah yang dilaksanakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi/Kabupaten/Kota dalam mewujudkan kebijakan pemerintah dalam pemberdayaan lembaga sosial media tradisional di masyarakat? Teori yang dipakai sebagai pendekatan terhadap masalah penelitian ini adalah teori implementasi kebijakan (Edward III, 2002:70) yang terdiri atas dimensi komunikasi, sumber daya, disposisi dan struktur birokrasi. Metode penelitian yang digunakan di dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi partisipan dan wawancara mendalam serta triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan dan pemberdayaan lembaga sosial media tradisional di Jawa Barat selain memerlukan peningkatan faktor-faktor implementasi kebijakan, ditemukan dimensi lain yang harus diperhatikan, yaitu pengawasan dan koordinasi antarsektor terkait.

 

Abstract

Main focus of this research is the implementations of developing and enforcing policy of the traditional social media institutions in West Java. The substantial problems are as follows: (1) how the implementation of government policy in empowerment of traditional media in West Java?; (2) what kinds of factor that support and resist of government policy in traditional social media institutions in west Java?; (3) what kinds of efforts that implemented by the Department of Communications and Information of Province/regency/city in fulfilling’s the government policy in empowering the traditional social media in society? The theory that use in this research is the policy implementation theory (Edward III, 2002:70) consists of communications dimension, source, and bureaucracy of disposition and structure. The method is qualitative method,meanwhile the technique of collecting data is through observations of participants, an in depth interview, also triangulation. The result of the research found that the exhibit developed and empowerment of traditional social media in west Java need an implementation policy factors and also need for supervision and coordination from related sectors.


Keywords


media tradisional, implementasi kebijakan, pengembangan dan pemberdayaan, traditional media, policy implementations, development and empowerment.

Full Text:

PDF

References


Buku

Agustiono, Leo. 2006. Politik dan Kebijakan Publik. Bandung: UNPAD, AIPI dan Puslit KP2W.

Cresswell, John W. 2002. Research Design Qualitative And Quantitative Approches. Thousand Oaks: Sage Publication.

Dunn, N. William. 2003. Pengantar Analisis Kebijakan Publik. Edisi kedua. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Dwidjowijoto, Riant Nugroho. 2006. Kebijakan Publik untuk Negara-negara Berkembang. Jakarta: Elex Media Komputindo, Kelompok Gramedia.

Edward III, George C. 1980. Implementing Public Policy. Washington DC: Congressional Quar-terly Press.

Sedyawati, Edi. 1981. Pertumbuhan Seni Pertunjukan. Jakarta: Sinar Harapan.

Sunggono, Bambang. 1994. Hukum dan Kebijakan Publik. Jakarta: Sinar Grafika.

Wahab, Solichin Abdul. 2002. Analisis Kebijaksanaan dari Formulasi ke Implementasi Kebijaksanaan Negara. Jakarta: Bumi Aksara.

Winarno, Budi. 2002. Teori dan Proses Kebijakan Publik.Yogyakarta: Media Pressindo.

Dokumen

Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor: 08/Per/M.Kominfo/6/2010 tentang Pedoman Pengembangan Pemberdayaan Lembaga Komunikasi Sosial.

Informan

Buldansyah, Benny. 38 Tahun. Ketua Forum Komunikasi Media Tradisional (FK Medtra) Jawa Barat.

Kusnadi, Engkus. 54 Tahun. Kepala Seksi Bidang Diseminasi Komunikasi Sosial Diskominfo Pemprov. Jabar.




DOI: http://dx.doi.org/10.30959/patanjala.v6i1.191

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Patanjala Indexed by :

patanjala google schoolar 

ISSN: 2085-9937 (print)
ISSN: 2598-1242 (online)

 

Balai Pelestarian Nilai Budaya Jawa Barat

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 

 Image and video hosting by TinyPicCreative Commons License