SISTEM RELIGI PADA MASYARAKAT KASEPUHAN CICARUCUB PROVINSI BANTEN

Ria Andayani S.

Abstract


Abstrak

Sistem religi masyarakat Kasepuhan Cicarucub diwarnai oleh dua unsur penting, yakni agama dan kepercayaan warisan nenek moyang mereka. Mereka menganut agama Islam, namun mereka juga masih mempertahankan dan melaksanakan kepercayaan warisan leluhur. Kepercayaan yang mereka anut, teraktualisasikan dalam adat istiadat mereka yang tampak khas, seperti dalam bidang pertanian, kepemimpinan, dan aktivitas daur hidup manusia. Dengan kata lain, agama dan adat istiadat menjadi pedoman hidup warga masyarakat Kasepuhan Cicarucub. Oleh karena itu, kedua unsur tersebut berjalan harmoni dalam kehidupan mereka sehari-hari.

 

Abstract

Religy’system of Kasepuhan Cicarucub’s society was built by two important thing. Those are  religion and ancestor’s belief. They are Moslem, although they still keep and do their ancestor’s belief who are shown in the unique customs, such as agriculture, leadership. And life cycle. So, religion and customs become a way of life for them and give them a harmonic life.


Keywords


Sistem religi, masyarakat Kasepuhan, Religy’s system, custom society.

Full Text:

PDF

References


Bustami, Abd. Latif. 2006. Monografi Komunitas Adat. Makalah dalam kegiatan Penyusunan Pedoman Inventarisasi Monografi Komunitas Adat.

Danandjaja, James. 1984. Folklore Indonesia. Jakarta: Graffitipers.

Hidayah, Zulyani. 2006. Metodologi Penelitian “Kepercayaan” Masyarakat, Makalah dalam Penataran Tenaga Teknis Pamong, Jakarta 20 Desember.

Indrawardana, Ira. 2004. Religi Sunda dalam Perputaran Roda Zaman. Makalah dalam kegiatan Sarasehan Pembinaan Penghayat Kepercayaan terhadap Tuhan YME, diselenggarakan oleh Balai Kajian Sejarah dan Nilai Tradisional Bandung, 26 Agustus.

Koentjaraningrat. 1989. “Metode Wawancara”, dalam Metode-Metode Penelitian Ma-syarakat. Jakarta: Gramedia.

Makmur K., Ade. 2003. Revitalisasi/Aktualisasi Nilai-nilai Ajar-an Kepercayaan terhadap Tuhan Yang Mahaesa dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara. Makalah dalam Sarasehan Kepercayaan terhadap Tuhan Yang Mahaesa, Bandung.

Rahayu. 2006. Beberapa Hal tentang Keper-cayaan terhadap Tuhan Yang Mahaesa. Makalah dalam Pena-taran Tenaga Teknis Pamong, Jakarta, 20 Desember.




DOI: http://dx.doi.org/10.30959/patanjala.v1i1.232

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Patanjala Indexed by :

patanjala google schoolar 

ISSN: 2085-9937 (print)
ISSN: 2598-1242 (online)

 

Balai Pelestarian Nilai Budaya Jawa Barat

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 

 Image and video hosting by TinyPicCreative Commons License