PERKEMBANGAN PEMERINTAHAN KABUPATEN CIREBON

H. Iwan Roswandi

Abstract


Abstrak

Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui dan menganalisa bagaimana perkembangan pemerintahan Kabupaten Cirebon tahun 2008. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode sejarah, melalui empat tahapan, yaitu heuristik (menemukan), kritik, interpretasi, dan historiografi. Perkembangan Kabupaten Cirebon (2005-2006) dapat diilustrasikan dari segi pemerintahan yang sebagian wilayahnya terletak di sepanjang pantai laut Jawa dan sebagian lagi wilayah Kabupaten Cirebon berada di daerah perbukitan. Hal ini memperlihatkan semakin beragamnya karakteristik yang ada, sehingga merupakan suatu modal untuk kemajuan daerahnya. Pengaruh pembangunan dan modernisasi berdampak jelas terhadap perubahan kehidupan politik, ekonomi, sosial, budaya serta pertahanan dan keamanan, apalagi Kabupaten Cirebon merupakan pintu gerbang memasuki wilayah Jawa Tengah. Berdasarkan fakta jumlah penduduk yang cukup besar dari tahun ke tahun cukup sulit menyatukan komponen yang ada sehingga berdampak pada pelaksanaan pemerintahan yang kurang optimal. Demikian pula pada tahun 2008 masih tetap sama mempunyai jumlah penduduk yang besar dan tidak merata.

 

Abstract

The purpose of this research is to analyse the development of the government of Kabupaten Cirebon in 2008. The author conducted methods used in history in four stages: heuristic, critique, interpretation, and historiography. Kabupaten Cirebon has various characteristics due to its unique landscapes that consits of coastal and hilly areas, and this would be a good capital for developing the region. Kabupaten Cirebon is also the main gate to the province of Central Java. The research came into conclusion that the development and modernization had influenced the political, economical and socio-cultural life of the people.


Keywords


Kabupaten Cirebon, perkembangan pemerintahan, Cirebon Regency, development administration.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Cirebon. 2000. Kabupaten Cirebon dalam Per-kembangan. _______________. 2005. Kabupaten Cirebon dalam Angka. _______________. 2007. Kabupaten Cirebon dalam Angka. Badan Perencanaan Daerah Kabupaten Cirebon 2005. Dinas Bina Marga daerah Kabupaten Cirebon. 2006. Ekadjati, Edi S. 1991. Sejarah Perkembangan Pe-merintahan Provinsi Jawa Barat. Bandung. Koesoemahatmadja, Djaenal Hoesen. 1978. Perkembangan Fungsi dan Struktur Pamong Praja Ditinjau dari Segi Sejarah. Bandung: Alumni. Provinsi Jawa Barat. 1978.

Penetapan Hari Jadi Kabupaten Cirebon. Cirebon: Pemerintah Daerah Tingkat II Kabupaten Cirebon.




DOI: http://dx.doi.org/10.30959/patanjala.v2i3.241

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Patanjala Indexed by :

patanjala google schoolar 

ISSN: 2085-9937 (print)
ISSN: 2598-1242 (online)

 

Balai Pelestarian Nilai Budaya Jawa Barat

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 

 Image and video hosting by TinyPicCreative Commons License