PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PETILASAN SUNAN KALIJAGA DAN TAMAN KERA DI KOTA CIREBON

Hermana .

Abstract


Abstrak

Sunan Kalijaga merupakan salah seorang wali penyebar Agama Islam di Pulau Jawa. Dia adalah seorang wali yang sangat konsern terhadap budaya asli Nusantara. Keberadaan petilasan Sunan Kalijaga dan Taman Kera di daerah Cirebon mempunyai persepsi bagi masyarakat pendukungnya, baik dilihat dari segi sosial maupun dari segi ekonominya. Peziarah yang datang mempunyai maksud dan tujuan yang berbeda satu sama lainnya, mulai dari hanya sekedar mengiirim do’a kepada para arwah orang yang meninggal, sampai pada keinginan untuk mengubah taraf hidup secara ekonomis. Para Pejiarah mempunyai pandangan bahwa mengunjungi Petilasan akan mendapatkan barokah para wali. Hal ini menjadi suatu kenyataan bahwa dari waktu ke waktu pejiarah terus bertambah. Masyarakat dapat mengambil pelajaran yang bermanfaat dari sifat, tingkah laku dan kegigihan Sunan Kalijaga dalam memperjuangkan keyakinannya, dalam menyebarkan Ajaran Islam di Nusantara.

 

Abstract

Sunan Kalijaga was one of Islam spreader in the island of Java. He was interested in the aboriginal cultures of Indonesian archipelago and made them his own concern. Petilasan (feature) of Sunan Kalijaga and Taman Kera (the garden of apes) are socially and economically important for followers of Sunan Kalijaga. There are many pilgrims coming to these sites, hoping to get blessings from the wali (holy person) either by praying for the deads or asking a better life. These pilgrims are increasing over times. They think that by visiting these sites they will have something to learn from Sunan Kalijaga especially in the way he did in disseminating Islam di Java.


Keywords


Petilasan Sunan KalijCirebon, Petilasan Sunan Kalijaga, Cirebon, Sunan Kalijaga, Cirebon.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Abdullah, Taufik (ed).1974. Islam di Indonesia, Jakarta: Tinta mas. Al-Murtadho, Syayid Husein.1999. Keteladanan dan Perjuangan Walisongo dalam Menyiarkan Agama Islam di Tanah Jawa, Cet I, Bandung: Pustaka Setia. Chodjim, Ahmad. 2003. Mistik dan Makrifat Sunan Kalijaga, Jakarta: Serambi Ilmu Semesta. Dinas Kebudayaan dan Parawisata Kota Cirebon.2006. Potensi Wisata Kota Crebon, Cirebon: Neo Technologi. Gibb, H.A.R.1955. Interpretation of Islamic History II, Muslim Word XIV. Graaf, H.J. dan Th.G.TH. Pigeaud.1986. Kerajaan-Kerajaan Islam di Jawa; Peralihan dari Majapahit ke Mataram, Jakarta: Grafisi Pers. Koentjaraningrat.1984.

Kebudayaan Jawa, Jakarta: Balai Pustaka. ............................,1983. Manusia dan Kebudayaan di Indonesia, Jakarta: Djambatan. Khalim, Samidi.2008. Islam & Spiritualitas Jawa, Semarang: RaSAIL. Mulder, Zoet, PJ. 1991. Manunggaling Kawula Gusti Panthisme dan Monoisme dalam Sastra Suluk Jawa. Jakarta: Cet ke dua, KITLU-LIPI-Gramedia. Peursen. 1985. Strategi Kebudayaan, ter-jemahan Dick Hartoko, Yogyakarta: Kanisius. Priyo Handoko, Basri (terj).2007. Laku Hidup Kanjeng Sunan Kalijaga, Terj. Kitab Kuno Serat Kaki Walaka, Jogyakarta:Kuntul Press, Purwadi,et al.2003. Sejarah Sunan Kalijaga, Yogyakarta: Persada.

Rahimsyah,MB,AR. 2002.

Sunan Kalijaga dan Siti Jenar, Surabaya: Amanah.

Rochani, Ahmad Hamam.2008

Babad Cirebon. Cirebon: Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Cirenbon.

Salam, Solihin.1974.

Sekitar Wali Sanga, Kudus: Menara kudus.

Simuh.1988.

Mistik Islam Kejawen Raden Ngabihi Ronggowarsito, Cet I, Jakarta: UI press.

Subagya, Rachmat, 1995,

Kepercayaan-Kebatinan-Kerohanian-Kejiwaan dan Agama, Yogyakarta: Kanisius. Wahyudi, A. dan A. Khalid. 1985. Kisah Walisongo Para Penyebar Agama Islam di Tanah Jawa,Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30959/patanjala.v2i3.244

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Patanjala Indexed by :

patanjala google schoolar 

ISSN: 2085-9937 (print)
ISSN: 2598-1242 (online)

 

Balai Pelestarian Nilai Budaya Jawa Barat

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 

 Image and video hosting by TinyPicCreative Commons License