SEJARAH PESANTREN MIFTAHUL HUDA MANONJAYA TASIKMALAYA

Adeng Adeng

Abstract


Abstrak

Pondok pesantren adalah sebuah lembaga pendidikan Islam secara tradisional yang tumbuh dan berkembang di tengah-tengah masyarakat. Seiring dengan perkembangan zaman, pondok pesantren tradisional berubah menjadi pondok pesantren modern dengan tidak meninggalkan agama sebagai pijakan. Salah satunya pesantren tradisional yang berkembang menjadi pesantren modern adalah Pesantren Miftahul Huda Manonjaya, Kabupaten Tasikmalaya. Penelitian ini diharapkan dapat mengungkap sejarah perkembangan Pesantren Miftahul Huda. Pengungkapan sejarah Pesantren Miftahul Huda dilakukan dengan menggunakan metode sejarah yaitu: heuristik, kritik, intepretasi, dan historiografi. Dengan demikian, pondok pesantren sekarang ini tidak hanya mengajarkan ilmu keagamaan saja tetapi ilmu pengetahuan dan masalah keduniawian. Oleh karena itu, pondok Pesantren Miftahul Huda mempunyai tiga peranan penting, yaitu: sebagai lembaga pendidikan Islam, pengembangan sumber daya manusia, dan pengembangan masyarakat. 

 

Abstract

Pondok Pesantren ia as an Islamic educational institution that lives and grows within a society. As the time goes by pesantren gradually left its traditional style behind, turning into a more modern one without leaving religion as the basis of their educational system. One of which is Pesantren Miftahul Huda Manonjaya, Kabupaten Tasikmalaya. This research tries to study the history of the Pesantren by using methods used in history: heuristics, critique, interpretation, and historiography. The result is that today pesantren is also teach general sciences as well as religious ones. Therefore Pesantren Miftahul Huda has three important roles: as Islamic educational institution, as a place for developing social and human resources.


Keywords


pondok, pesantren, Miftahul Huda, pondok, pesantren, Miftahul Huda.

Full Text:

PDF

References


Departemen Agama. 1981. Al-Qur’an dan Terjemahannya. Jakarta: Proyek Penerjemahan Alqur’an.

_______. 2001. Visi dan Misi, serta Program Pendidikan Keagamaan dan Pondok Pesantren. Jakarta: Direktorat Jenderal, Kelembagaan Agama Islam.

Dhofier, Zamakhsyari. 1983. Tradisi Pesantren: Studi tentang Pandangan Hidup Kiai. Jakarta: LP3ES.

Fazari, K.H. Mahdar. 1996. “Ikhlas Mengabdi”, Biografi Uwa Ajengan K.H. Choer Affandi, Tasikmalaya: Yayasan Pesantren Miftahul Huda, Manonjaya.

Hasbullah. 1999. Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia, Lintasan Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan, Lembaga-lembaga Studi Islam dan Kemasyarakatan (LSIK), Jakarta.

Hasymy, A. 1993. Sejarah Masuknya dan Berkembangnya Islam di Indonesia. Medan: Almaarif.

“Miftahul Huda Maksimalkan Tri Program Pesantren”, dalam Majalah Pesantren Trend, Menuju Syakhshiyyah, Thoyyibah, Tasikmalaya, 2006.

Progress Raport, 2009. Pesantren Miftahulhuda. Tasikmalaya: Tp.

Prasodjo, Imam B. et al. 1999. Sisi Lain Pesantren Miftahul Huda. Cet. Ke-1. Tasikmalaya: Yayasan Pesantren Miftahul Huda, Manonjaya: Tp.

Yacub, H.M. 1984. Pondok Pesantren dan Pembangunan Masyarakat Desa. Bandung: Angkasa.




DOI: http://dx.doi.org/10.30959/patanjala.v3i1.269

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Patanjala Indexed by :

patanjala google schoolar 

ISSN: 2085-9937 (print)
ISSN: 2598-1242 (online)

 

Balai Pelestarian Nilai Budaya Jawa Barat

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 

 Image and video hosting by TinyPicCreative Commons License