Journal History

Keberadaan Jurnal Patanjala tidak dapat dilepaskan dari berdirinya BPNB Jawa Barat pada tahun 1989 dengan nama Balai Kajian Sejarah dan Nilai Tradisional (BKSNT). BKSNT berubah menjadi Balai Pelestarian Sejarah dan Nilai Tradisional (BPSNT) tahun 2006. Kemudian berubah menjadi Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) tahun 2012. Nama BPNB Bandung kemudian mengalami perubahan menjadi Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Jawa Barat tahun 2015. Berdasarkan Permen Dikbud RI No. 40 Tahun 2015 tanggal 9 Oktober 2015 tentang Organisasi dan Tata Kerja BPNB pada Bab I pasal 2, BPNB Jawa Barat mempunyai tugas melaksanakan pelestarian terhadap aspek-aspek tradisi, kepercayaan, kesenian, perfilman, dan kesejarahan di wilayah kerjanya. Penelitian menjadi core dari keseluruhan aktivitas pelestarian.

            Pada mulanya hasil penelitian diterbitkan dalam bentuk laporan internal. Kemudian berkembang menjadi bunga rampai yang mencakup beragam tema. Barulah pada tahun 2007 diterbitkan jurnal penelitian. Ditinjau dari sistematika, bila digunakan standar penelitian terbaru, jurnal penelitian tersebut lebih merupakan kumpulan laporan internal. Jurnal penelitian hanya berumur dua tahun.

            Kesadaran perlunya jurnal yang berkualitas dan terakreditasi semakin meningkat. Konsultasi dengan bidang akreditasi majalah ilmiah  Pusbindiklat Peneliti LIPI juga semakin intensif dilakukan. Pada tahun 2009 Jurnal Patanjala terbit untuk pertama kali. Jurnal Patanjala hadir dengan layout, penampilan, sistematika, dan substansi yang disesuaikan dengan standar akreditasi majalah ilmiah LIPI. Pada tahun 2010 untuk pertama kali Patanjala diajukan akreditasi dan memperoleh nilai B dengan masa berlaku 2 tahun sesuai dengan Surat Keputusan Kepala LIPI Nomor 246/Akred-LIPI/P2MBI/05/2010. Kemudian, pada tahun 2012 berhasil memperoleh status akreditasi untuk masa berlaku 3 tahun berdasarkan Surat Keputusan Kepala LIPI No. 426/P2MI-LIPI/04/2012. Pada tahun 2015 memperoleh nilai akreditasi dengan masa berlaku 3 tahun berdasarkan Surat Keputusan Kepala LIPI Nomor 628/AU2/P2MI-LIPI/03/2015. BPNB Jawa Barat berkomitmen untuk menjadikan Jurnal Patanjala menjadi majalah ilmiah yang tetap terjaga akreditasinya hingga pemberlakuan e-journal ketika akan dilakukan akreditasi di tahun 2018.