POLA PENGASUHAN ANAK PADA KOMUNITAS ADAT GIRI JAYA (Suatu Tinjauan Sosial Budaya)

Nina Merlina

Abstract


Abstrak

Pada prinsipnya, pola pengasuhan anak merupakan proses sosialisasi. Pola pengasuhan anak pada komunitas adat Giri Jaya Padepokan, menjadi bagian dari budaya masyarakat tersebut. Keluarga sebagai unit sosial terkecil, merupakan tempat seorang anak tumbuh dan berinteraksi. Keluarga juga memegang peran yang sangat penting dalam proses sosialisasi bagi anak-anak ketika ia beranjak dewasa dan bergaul dengan individu lainnya di dalam maupun di luar lingkungan masyarakat. Pola pengasuhan ini, pada gilirannya akan berperan besar dalam pembentukan karakter anak dalam perkembangan berikutnya. Secara umum, tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap dan mengetahui salah satu aspek kebudayaan mengenai kehidupan sosial budaya, terutama mengenai sistem dan pola pengasuhan anak pada komunitas adat Giri Jaya Padepokan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan penelaahan data yang bersifat kualitatif.

 

Abstract

Nurturing is basically a process of socialization. As the smallest social unit, family plays the main role in nurturing their children. Family is the place where children are grown up and interact with other members of the family. They also learn how to build character and face another environment in their future life. The purpose of this research is to reveal social life in a traditional community of Padepokan Giri Jaya, focusing on their nurturing pattern. A desctiptive method was conducted along with qualitative data review.


Keywords


interaksi sosial, pola pengasuhan anak, komunitas adat, social interaction, pattern of parenting, local cumunnity.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Djuariah M Utja, dkk. 1993/1994. Pembinaan Budaya dalam Lingkungan Keluarga di Jawa Barat. Bandung : Depdikbud. Fauzi Racman,M. 2009. Anakku, Kuantarkan Kau ke Surga. Bandung : Mizan Pustaka J. Vredenbregt. 1983. Metode dan Teknik Penelitian Masyarakat. Jakarta PT Gramedia. 1983. JAKARTA. Kusnaka A, Djuariah, M. Utja, dkk, 1991. Pola Pengasuhan Anak. Bandung : Depdikbud. Ria Andayani, S. 1998. Dinamika Pola Pengasuhan Anak dalam Budhiracana. No. 5. Bandung : BKSNT Siti Dloyana Kusumah. 2001.

Pembentukan Norma dan Nilai Baru dalam Pranata Keluarga, dalam Jurnal Penelitian. Edisi Oktober. Bandung : BKSNT.




DOI: http://dx.doi.org/10.30959/patanjala.v2i2.217

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Patanjala Indexed by :

patanjala google schoolar 

ISSN: 2085-9937 (print)
ISSN: 2598-1242 (online)

 

Balai Pelestarian Nilai Budaya Jawa Barat

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 

 Image and video hosting by TinyPicCreative Commons License